Sunday, October 11, 2020

Magang di KBRI Manila, Philippines

Belajar di jurusan Hubungan Internasional membuat saya untuk mengambil langkah magang di salah satu Perwakilan RI di luar negeri yaitu  KBRI Manila di Filipina. Tujuan saya pilih KBRI Manila karena selain magang saya juga ingin menggali informasi untuk melengkapi data skripsi. Skripsi yang saya ambil mengenai Upaya KBRI Manila Dalam Pembebasan WNI dari Penyanderaan ASG di Filipina Tahun 2016. Tentu saja saya sangat berharap bisa memperoleh sumber data yang akurat dari KBRI Manila untuk menunjang kelancaran skripsi.

Langkah awal untuk proses magang di KBRI Manila kita harus menanyakan ketersediaan lowongan untuk magang melalui email atdikbud.manila@kemlu.go.id. Atdikbud atau Atase Pendidikan dan Budaya adalah Fungsi di KBRI Manila yang menangani program magang. Saat itu kebetulan KBRI Manila sedang tidak ada permintaan magang dari mahasiswa Indonesia, jadi saya boleh mengajukan kapan saja untuk magang disana. Lalu saya mengirimkan berkas yang diminta oleh KBRI, antara lain:
  1. CV 
  2. Cover Letter
  3. Surat Rekomendasi dari kampus
  4. Transkrip nilai semester terakhir

Bulan April 2017 saya berangkat ke Filipina untuk magang di KBRI Manila. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat? Tentunya tiket pesawat, uang saku dan akomodasi. Perlu diketahui bahwa KBRI Manila tidak menyediakan fasilitas akomodasi untuk peserta magang. Jadi lebih baik sisakan waktu beberapa hari di Manila sebelum jadwal magang dimulai untuk mencari tempat tinggal disana. Selain itu, dikarenakan saya mengajukan magang selama dua bulan jadi saya hanya mendapatkan free visa untuk tinggal di Filipina selama 30 hari dan selanjutkan harus mengurus visa extend ke kantor imigrasi terdekat. Terkait hal ini, jika hanya ingin mengajukan program magang selama satu bulan dan memanfaatkan free visa, sangat disarankan untuk menyiapkan Tiket Pulang ke Indonesia. Karena itu menjadi suatu persyaratan dari imigrasi Filipina bagi yang ingin tinggal di Filipina dengan menggunakan Free Visa 30 hari, apabila tidak bisa menunjukkan tiket pulang maka sudah pasti tidak bisa masuk Filipina.

Selama kurang lebih dua bulan saya magang disana, saya diberi kesempatan untuk magang di tiga fungsi diantaranya :

  1. Fungsi Protokol dan Konsuler
  2. Fungsi Politik
  3. Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya
Apa saja tugas saya di Fungsi Protokol dan Konsuler? Di fungsi ini saya diajarkan mengenai pelayanan publik seperti pembuatan visa, paspor, legalisasi dokumen penting, mengupdate data WNI dari data imigrasi Filipina, memberikan pelayanan terhadap WNI di Filipina, dll. Disini saya dilatih dalam berkomunikasi dan public relations. Karena tentunya di Fungsi ini kita akan bertemu banyak orang baik WNI maupun orang asing yang ingin mengurus visa atau dokumen lainnya. Jadi kita juga harus menjaga nama baik KBRI di depan para customer. Selain itu saya juga menggali informasi untuk  data skripsi mengenai peraturan Perlindungan WNI dan BHI di Filipina. 

Selanjutnya saya diberi kesempatan magang di Fungsi Politik. Kebetulan jadwal magang saya di Fungsi ini, bersamaan dengan berlangsungnya ASEAN Summit 2017 yang diselenggarakan di Sofitel hotel di Manila. Peran KBRI Manila dalam acara tersebut tentunya menyediakan fasilitas diplomatik kepada Presiden RI dan para delegasi Indonesia yang hadir pada acara tersebut. Sehingga diawal minggu kegiatan saya lebih fokus untuk membantu persiapan acara tersebut. Kegiatan lain yang saya lakukan di Fungsi ini yaitu membuat rangkuman berita mengenai isu-isu politik baik isu poltik nasional maupun isu politik antara Indonesia dengan Filipina. Selain itu saya juga bisa melakukan interview dengan bapak diplomat yang saat itu bertugas di Fungsi Politik KBRI Manila untuk menggali informasi mengenai isu terkait topik skripsi yang saya tulis. Untuk isu terkait Abu Sayyaf ini akan saya tulis pada blog selanjutnya.

Di Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya saya diberikan tugas untuk merangkum isu-isu terkait perkembangan sosial dan budaya yang sedang terjadi di Filipina atau yang terkait dengan perkembangan hubungan Indonesia dan Filipina. Saya juga berkesempatan mewakili KBRI Manila untuk ikut menghadiri acara Waisak yang diselenggarakan oleh Kedutaan Srilanka di Filipina. Selain itu, saya juga diberi kesempatan oleh ibu diplomat yang saat itu bertugas di Fungsi Pensosbud untuk ikut membantu menyusun jawaban dari pertanyaan penelitian yang dilakukan oleh beberapa student Filipina terkait Indonesia. Disini kemampuan skill saya untuk berdiplomasi tetang sosial dan budaya Indonesia sangat dilatih. Kegiatan lain yang saya lakukan di Fungsi ini antara lain ikut berpartisipasi dalam meeting antara Fungsi Pensosbud dengan IDN (Indonesian Diaspora Network) chapter Manila, dan juga berpartisipasi dalam persiapan acara Bazaar di KBRI Manila.

Banyak sekali pengalaman yang bisa digali pada saat magang di Perwakilan RI, apalagi jika jadwal magangnya bertepatan dengan hari-hari besar seperti hari kemerdekaan Indonesia atau yang lainnya pastinya akan banyak kesempatan untuk ikut terlibat diberbagai kegiatan. Selain bisa mengimplementasikan skill juga berkesempatan memperluas networking baik dengan staff di KBRI maupun dengan masyarakat lokal. Sekian artikel ini, semoga bisa memberikan sedikit gambaran pekerjaan buat teman-teman yang ingin magang ataupun teman-teman yang berniat mendaftar Local Staff di Perwakilan RI.

4 comments:

  1. halo, apakah boleh saya tahu template cara menayakan ketersediaan magang melalui email? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, setau saya tidak ada template khusus. Langsung saja mengajukan permohonan magang melalui email embassy. Good Luck!

      Delete
  2. Halo kak Indah first of all terimakasih banyak insight serta ceritanya yang menginspirasi melalui tulisan ini!!
    izin untuk bertanya kak, apabila kita sudah apply pada KBRI Manila melalui email, apakah kita akan mendapatkan Letter of acceptance sebagai bukti bahwa kita diterima untuk mengikuti program magang disana?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, dari pengalaman sebelumnya dari pihak KBRI akan kasih kabar kita bisa magang di Perwakilan tsb atau tidak dan juga sudah ditentukan jangka waktu kita bisa magang disana via email

      Delete