Tuesday, September 15, 2020

Pengalaman Kerja Sebagai Protocol di Jakarta International Expo (JIEXPO Kemayoran)

Saya ingin berbagi pengalaman berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika bekerja sebagai Protocol Officer di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Apa itu Protocol Officer? Seperti apa tugasnya?

Protocol Officer yaitu seseorang yang bertugas untuk merencanakan dan mengatur kunjungan VIP/ VVIP, upacara, pertemuan dan acara khusus berdasarkan pada aturan keprotokolan. Pada dasarnya Protocol Officer tidak dapat bergerak sendiri, melainkan harus bergerak dalam sebuah tim. Biasanya kita berjumpa dengan Protocol Officer di instansi pemerintahan seperti Kementerian, Kantor Perwakilan ataupun di Istana Negara. Namun ternyata Protocol Officer tidak hanya diperlukan pada instansi pemerintahan saja tetapi beberapa perusahaan besar juga memerlukan Protocol Officer untuk menunjang kepentingan perusahaan.

Salah satu perusahaan yang memiliki Protocol Officer yaitu Jakarta International Expo (JIEXPO). Perusahaan ini bergerak dibidang usaha MICE (Meeting Incentive Convention and Exhibition) industry terkemuka di Indonesia. Hal ini salah satu alasan diperlukannya divisi protocol di perusahaan ini. Divisi Protocol di JIEXPO menyediakan layanan protokol untuk klien internal dan eksternal JIEXPO, menggunakan prosedur yang diakui secara internasional untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi Tamu VIP/ VVIP yang melakukan bisnis, diplomasi atau bahkan sekedar kunjungan kehormatan. Layanan tersebut diantaranya :

  1. Mengatur detail pertemuan/ acara dengan tuan rumah lokal
  2. Menyiapkan Ruang VIP dengan fasilitasnya yang luar biasa
  3. Merencanakan dan memfasilitasi permintaan umum dari klien (khusus untuk VIP/ VVIP)
  4. Menyambut dan mendampingi tamu
  5. Mendukung pengaturan lain yang akan memastikan tingkat layanan tertinggi yang dipertahankan untuk Tamu VIP/ VVIP,  dan lainnya.

Lalu, apa motivasi saya ingin bekerja sebagai Protocol Officer di perusahaan ini? Alasan saya didasarkan pada background pendidikan saya di bidang Hubungan Internasional, yang mana urusan keprotokolan sangat berkaitan erat. Sehingga saya ingin mengimplementasikan ilmu dan skill yang saya miliki dan ingin memperluas pengalaman saya di bidang Protocol. Saya berkerja di perusahaan ini mulai pada bulan Desember 2017. Saat itu divisi protocol dipimpin oleh seorang former Diplomat yang sudah sangat familiar dengan bidang keprotokolan. Beliau juga yang mengajarkan saya tentang dasar-dasar keprotokolan yang harus diketahui sebagai Protocol Officer.

Acara seperti apa sih yang memerlukan Protocol officer di JIEXPO? Hampir semua acara penting dan besar di JIEXPO memerlukan peran Protocol Officer, misalnya saja acara yang melibatkan kehadiran Presiden RI, Menteri, Gubernur, Duta Besar dari negara lain, Pemimpin Negara dari negara lain, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2018, JIEXPO juga digunakan sebagai arena beberapa Games pada Asian Games 2018. Dalam kesempatan kali ini, saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa untuk ikut berpartisipasi sebagai Protocol Officer di JIEXPO khusus untuk para Tamu VIP/ VVIP. Saya juga berkesempatan bertemu langsung dengan para Pemimpin dari berbagai negara yang hadir dalam acara tersebut. Jika kalian menyukai aktivitas yang berbau internasional, semacam acara-acara internasional, konser besar dengan artist internasional ataupun ingin bertemu langsung dengan para pejabat tinggi, pekerjaan ini sangat memberikan peluang yang sangat besar.

Banyak sekali kesempatan bagus dan pengalaman yang luar biasa yang saya peroleh setiap harinya ketika bekerja di JIEXPO sebagai Protocol Officer. Menjadi Protocol Officer selain mengasah skill dalam hal keprotokolan juga melatih skill Komunikasi, Hospitality dan juga Public Relations. Hal ini tentunya sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan skill dan pengalaman kita dalam berkarir. Sekian sharing pengalaman saya sebagai Protocol Officer di JIEXPO, semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment